Gempa 8,9 Skala Richter Menghantam Jepang

Jumat, 11 Maret 2011
Share this history on :
kepanikan warga di Tokyo

Berita ini awalnya kuketahui dari status teman-teman di Facebook yang menyatakan telah terjadi gempa dahsyat yang berimbas Tsunami di Jepang. Aku langsung search di detik.com, benar saja disana sudah heboh pemberitaannya. Jepang memang kerap terkena gempa, meski mereka telah membangun sistem bangunan anti gempa, tampaknya tetap tidak sanggup melawan kekuatan alam.


Gempa tersebut awalnya berkekuatan 8,8 skala richter, namun telah dinaikkan menjadi 8,9, melanda sekitar 400 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 20 mil. Yang menakutkan adalah dari gempa besar diatas 8 skala richter adalah imbasnya pada Tsunami. Benar saja, prefektur Myagi jadi yang terparah. Kawasan daerah pesisir Jepang mulai dimasuki oleh air laut.

Efek gempa sampai ke Tokyo, 343 KM dari pusat gempa, menyebabkan kerusakan di kota tersebut, aspal mengelupas dan lumpur naik dari gorong-gorong. Pengunjung Disneyland dan orang kantoran disana panik dan keluar untuk mencari tempat terbuka.

Belum diketahui pasti berapa orang yang menjadi korban dari bencana ini, Tsunami yang masuk ke daratan tentu akan jadi masalah baru bagi penduduk di daerah pesisir, apalagi dengan material yang dibawanya.

Aku berharap warga Indonesia yang berada disana dilindungi oleh Allah SWT, juga buat warga Jepang sendiri. Walau bangsa ini pernah merasakan memori kelam tentang Jepang, namun saatnya kita melihat ke depan dan mencoba setidaknya berdo’a buat mereka.




Qur'anul Hidayat Idris

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar

Selesai baca, tinggalkan jejak ya!