Kepincut The Killers

Selasa, 06 Desember 2011
Share this history on :
Beberapa bulan yang lalu aku sempat mendengar sebuah single yang dinyanyikan Sabrina berjulud Mr. Brightside. Aku mulai sering mendengarkannya dari Laptopku walau belum tahu siapa penyanyi/band sebenarnya yang membawakan lagu tersebut--Sabrina memang hanya meresycle beberapa lagu terkenal di albun I Love Acoustic-nya.
Sebulan setelahnya, Ipul menyetel di speaker Kantor Redaksi LPM Hayamwuruk lagu serupa tapi dengan nada yang lebih cepat dan sepertinya dibawakan oleh sebuah band dengan vokalis pria. Aku tak bertanya band tersebut, namun lebih nyaman dengan versi yang baru kudengar. Tapi akhirnya aku bertanya juga ke Ipul siapa yang membawakan lagu tersebut, ternyata nama bandnya The Killers.
sumber gambar

Aku mencari Mr. Brighside di youtube, kutemukan video official unik dengan kostum bergaya klasik dan pembawaan vokalisnya yang santai penuh kharisma. Aku menemukan video single lainnya, Read My Mind, video yang dibuat di Jepang ini membuatku tambah bertanya-tanya tentang siapa The Killers. Video mereka terkesan sangat indie, memunyai gaya khas, dan kualitas kata-kata yang baik.
The Killers terlahir di Las Vegas, AS pada tahun 2001. Berawal dari keinginan Brandon Flowers (vokalis) membentuk sebuah band rock, ia pun mulai mencari partner. Ia pun dipertemukan dengan Dave Keuning (gitaris) dalam sebuah iklan pencarian personil band rock. Selanjutnya materi pemain mereka pun komplit setelah bergabungnya Mark Stoerner (bassis), dan Ronno Vannucci (drumer).

Berbekal formasi ini, mereka mulai manggung di klub-klub kecil di Las Vegas, Nevada sampai akhirnya Alex Gilbert, perwakilan Warner Bros Music tertarik dan mengajukan mereka ke label tersebut. Sayangnya, label tersebut menolak mereka. Kemudian mereka membawa demo mereka ke label indie UK, Lizard King dan BBC Radio DJ Zane Lowe. Mereka mendapat sambutan baik dan akhirnya berhasil mempromosikan single mereka di Inggris.

Hot Fuss, album pertama mereka rilis tahun 2004. Album ini mendulang sukses luar biasa, mendapat 6 kali platinum dan menajadi yang teratas di Inggris. Album kedua mereka keluar pada tahun 2006, Sam's Town. Album kompilasi Sawdust tahun 2007 dan Day and Age pada tahun 2008. Mereka juga selalu rutin mengeluarkan single natal yang hasil penjualannya disumbangkan ke sebuah yayasan.

Menyambut natal tahun ini mereka mengeluarkan single berjudul Cowboy's Christmas Ball yang dikeluarkan di youtube awal Desember 2011.
Prestasi mereka juga cukup baik. Mereka telah menjual lebih dari 15 juta album di seluruh dunia, memenangkan 4 NME Awards; Best International Band pada tahun 2005, 2008 dan 2009 dan Best Video untuk "Bones" di tahun 2006.  Mereka juga meraih dua penghargaan dalam NME Awards Amerika Serikat pertama pada 2008 untuk Best Band dan Best Track untuk "Tranquilize". Mereka juga sempat masuk dalam nominasi Grammy Award, walau gagal menyabet penghargaan.

Hal yang kusuka dari band ini adalah kebebasan bermusik mereka dan lagu-lagu yang easy listening. Lagu tersukses mereka sampai saat ini masih Mr. Brightside.


*beberapa data didapat di Wikipedia dan fanspage.

Qu'ranul Hidayat Idris

Related Posts by Categories

1 komentar:

obat penggugur kandungan Says:
Senin, Januari 18, 2016

This is very educational content and written well for a change. It's nice to see that some people still understand how to write a quality post.!

Posting Komentar

Selesai baca, tinggalkan jejak ya!