Sekilas, Tahapan Perkembangan Situs Jejaring Sosial

Selasa, 23 Maret 2010
Share this history on :
Hidup dijaman serba modern, layaknya kita sedang berada dalam sebuah arena lomba lari. Langkah kaki yang paling cepat dan siapa pun yang ketahanannya mumpuni pasti sanggup untuk selangkah demi selangkah memberi jarak yang semakin dekat dengan lawan. Sebaliknya siapa pun yang hanya ongkang-ongkang kaki, malas ikut kompetisi atau pun ikutnya setengah-setengah. Akan merasakan dampaknya, ditinggalkan.

Diatas adalah sebuah analogi sederhana yang menggambarkan begitu cepatnya “kawan” atau “lawan” yang bernama teknologi mengapit, mengajak atau meledekkan kita dalam cepatnya ia bergerak lari. Pengadaan jasa dan project dibidang teknologi sangat tak berbatas, ianya adalah dunia empuk dan fleksibel yang bisa disentuh oleh siapa saja, tak terkecuali oleh seorang anak yang masih ingusan sekali pun.

Untuk mengerucutkan penjelasan ini, saya merujuk pada fenomena jejaring sosial yang sekarang sedang berkembang saat ini. Melalui data yang saya dapatkan lewat sebuah blog http://ariparamawati.blogspot.com. Maka saya sampaikan data tersebut dalam ringkasan bahasa dan penyampaian saya sendiri.

Situs jejaring sosial yang tengah mewabah ditengah masyarakat sekarang ini, seperti yang paling dikenal dalam dunia pertemanan adalah facebook, twitter, Friendster atau pun media yang kita saksikan sekarang ini, yaitu blogger memiliki tahap yang disebut “tahap perkembangan situs jejaring sosial” yang diawali pada tahun 1995 dengan dasar hubungan dengan seorang teman.

Classmate.com lah yang mengawali sejarah ini, yang kemudian menjadi daya tarik hidup untuk menjadi trend baru dalam dunia interaksi antar-manusia. Laiknya virus yang mewabah, tak ayal trend ini langsung mendapat pengikut-pengikut yang tentunya menjadikan trend ini semakin masuk dalam ranah persaingan maupun komersialitas. Ini terbukti dengan adanya inovasi yang diciptakan “pengikut-pengikut” setelah situs pertama tersebut. Pengikut pertamanya adalah situs dengan nama sixdegrees.com pada tahun 1997, dua tahun setelah yang pertama.

Tahun 1999 lahir jejaring sosial yang berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh epinions.com dan jejaring sosial yang berbasis pertemanan yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional antara tahun 1999 dan 2001. Tahun 2005 dilaporkan bahwa jejaring sosial myspace.com lebih banyak diakses dibandingkan google dan facebook.com. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°.

Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Situs-situs jejaring sosial telah menemukan kejayaannya sejak tahun 2000an dimulai dengan mengguritanya jejaring sosial friendster sejak tahun 2004 dan mencapai puncaknya di tahun 2007. Tahun 2008 hingga 2009 ini kejayaan itu diambil alih oleh jejaring sosial facebook yang memiliki member aktif hingga 350 Juta di seluruh dunia dan melejit di nomor 1 situs jejaring sosial terpopuler dengan pertumbuhan yang sangat drastis.

Merunut data diatas, kita semua bisa memastikan kemenangan facebook adalah benar adanya. Kepastian itu wajar, disebabkan bagaimana maraknya situs ini berkembang dalam masyarakat yang boleh dikatakan tidak memiliki batas gender, status, penghasilan maupun taraf kehidupan. Facebook dibikin sesederhana mungkin dengan perangkat yang mudah digunakan, tidak seperti bahasa pemprograman yang mumet dan membuat banyak orang error dan menyerah.

FB. Sebutan singkat yang dikenal dikalangan facebooker. Dengan cukup megetik facebook.com pada bidang pencarian adalah langkah awal yang selanjutnya kita akan dituntun, bahkan dilatih untuk tertatih-tatih atau sedikit demi sedikit mengenal dan tahu cara untuk menggunakan situs ini. Setelahnya, akan terjadilah keadaan dimana seseorang akan nempel terus didepan laptop atau hp untuk sekedar meng-update status atau memberi komentar atas status sahabat di dunia pertemanan tersebut.

Semarang, 23 Maret 2010
Qur'anul Hidayat Idris

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar

Selesai baca, tinggalkan jejak ya!