Kini, Palestina Adalah Sebuah Negara

Jumat, 30 November 2012
Share this history on :


Apa yang tampak dari gambar di atas? Keceriaan dan segala bentuk rasa bebas bercampur di wajah warga Palestina di Ramallah, Tepi Barat. Pada tanggal 29 November 2012 waktu New York Palestina dan seluruh simpatisannya mendapat kabar gembira dari Majelis Umum (MU) PBB yang menyatakan secara de facto status Palestina menjadi non member observer state. Status ini meningkat setelah sebelumnya Palestina hanya disebut non member observer entity.

Pemungutan suara dari negara-negara yang tergabung dalam PBB memperlihatkan angka dukungan yang signifikan. Sebanyak 138 negara menyetujui Palestina menjadi sebuah negara, sedangkan sebanyak 41 negara menolak dan 3 negara lainnya absen. Seperti perkiraan banyak pihak, Israel dan Amerika Serikat termasuk dalam negara yang menolak.
Status Palestina sekarang membuat negara tersebut menjadi “negara peninjau” tapi bukan sebagai anggota PBB. Walaupun belum bisa masuk ke dalam PBB, status ini telah memberikan kedaulatan kepada Palestina secara formal. Palestina selanjutnya dapat melakukan tindakan selayaknya sebuah negara merdeka. Juga, membangun kerjasama bilateral dengan negara lain.
Lalu, apakah konflik perebutan tanah dengan Israel selesai setelah Palestina sah sebagai sebuah negara? Hal ini sangat bergantung dari sikap Israel dan Hamas, karena konflik dapat saja terjadi bahkan meningkat jika salah satu melakukan pennyerangan. Harapannya tentu ini menjadi sinyal perdamaian bagi kedua negara.
Selamat Palestina!

Qur’anul Hidayat Idris

gambar dari sini

Related Posts by Categories

1 komentar:

jiah al jafara Says:
Jumat, November 30, 2012

semoga semuanya segera membaik aminn :D

Posting Komentar

Selesai baca, tinggalkan jejak ya!