12 Curhat BBM

Kamis, 29 Maret 2012


Berita singkat yang menceritakan kegundahan ini saya ambil dari status FB LPM Hayamwuruk. di sini

Curhat BBM:

Salah satu pengelola LPM Hayawuruk, sodara Qur'anul Hidayat (Pemred) merupakan putra asli Riau. Di provinsi yang berpenduduk rata-rata orang Melayu tersebut merupakan lumbung minyak bumi yang besar. Selain dikelola Pertamina, perusahaan asing pun ikut menyedot minyak di sana. Namun, menurut laporan dari saudara Dayat (panggilan, red), bahwa di tempat yang notabene tersedia banyak minyak bumi tersebut sering mengalami kelangkaan BBM. Bahkan, ia baru mendapat kabar bahwa saat ini di Kabupaten Bengkalis masyarakat hanya bisa membeli BBM maksimal Rp. 15.000,00. 


14 Menunggu Tuhan

Senin, 26 Maret 2012

Sudah berapa lama aku menunggu? Sebaiknya pertanyaan ini kau tanyakan saja pada waktu itu sendiri. Aku tak pernah mempersoalkan seberapa banyak jarum jam memutari porosnya. Aku tak peduli seberapa banyak rumput dipotong dan yang lain tumbuh. Mungkin aku hanya sekadar mengungkit tentang semua ini hanya karena pertanyaanmu. Maka, carilah pertanyaan yang lebih penting. Semisal ada berapa bintang yang sempat kuhitung?

"Berapa bintang yang sempat kau hitung?"

11 Esai: Momen Kontemplatif (Bag. 1)

Kamis, 15 Maret 2012

Ada pembicaraan seputar proses kreatif yang terjadi beberapa waktu yang lalu di sebuah "ruang kreatif" bagi beberapa orang yang saya kenal. Kami lalu menjurus ke beberapa objek. Kami bukan sedang menggosip karena "berbicara untuk berpikir" berbeda dengan "berbicara untuk sekadar bicara". Yang nomer dua itulah gosip, karena apa yang dibicarakan hanya akan habis dalam pembicaraan itu sendiri. Kami lebih condong yang pertama, berbicara untuk menemukan gagasan atau merenungi gagasan yang telah ada. Walau, pembicaraan kami menggunakan objek, setidaknya kami tak menggosip.

14 Tiga Anak Hati

Rabu, 14 Maret 2012

Tiga hari yang lalu saya sempat memposting tiga puisi baru saya di Facebook pribadi. Hal ini terasa spesial karena hampir dua tahun saya tak lagi produktif menulis puisi. Bukan karena saya tidak senang lagi menulis puisi, tapi lebih karena pemahaman baru yang saya dapatkan. Yup! Puisi menurut saya adalah hasil kontemplasi jiwa yang hadir sesuai kehendak molekul puisi itu sendiri. Memang agak rumit, tapi begitulah perbedaan proses kreatif saya sekarang dengan beberapa tahun sebelumnya.

10 Lakon

Selasa, 13 Maret 2012

Seseorang datang tiba-tiba dan seseorang juga pergi tiba-tiba. Kita memang tak sanggup menerka alur kehidupan ini seperti kita menerka sebuah alur sinetron di televisi. Jika iklan sinetron mengabarkan akan ada tokoh baru. Hal seperti itu tidak terjadi pada pertemuan pada kehidupan nyata. Tuhan adalah kreator, pencipta naskah. Tapi jangan kau salah, TUHAN BUKANLAH SUTRADARA YANG MEMBATASI LAKON SETIAP PELAKONNYA.

24 (WAJIB BACA!) KITA BAHKAN TIDAK TAHU BAHWA AMERIKA DIBANGUN DARI EMAS PAPUA....MENYEDIHKAN!!!!

Minggu, 04 Maret 2012

KITA BAHKAN TIDAK TAHU BAHWA AMERIKA DIBANGUN DARI EMAS PAPUA....MENYEDIHKAN!!!!
by Daeng Limpo on Wednesday, January 4, 2012 at 11:45am

"Saya mengcopas dari tulisan Takarawa Orita, karena menurut saya tulisan ini penting, setidaknya bagi saya pribadi.  Menurut saya, negeri ini telah "dirampok"  oleh "VOC baru" dengan cara melakukan pendekatan kepada para pejabat negara yang korup.  Sehingga perjanjian yang mereka buat sangat-sangat menguntungkan pihak asing dan sangat-sangat merugikan penduduk lokal.  Hal ini juga terjadi di propinsi Riau dengan sumber daya alamnya seperti hutan dan  juga migas"

Takarawa Orita

KITA BAHKAN TIDAK TAHU BAHWA AMERIKA DIBANGUN DARI EMAS PAPUA....MENYEDIHKAN!!!

19 I am Still Alive, Bloggers

Sabtu, 03 Maret 2012

Waktu serasa bergulir sangat cepat. Yup, tak terasa sudah sebulan lebih aku meninggalkan K3, my lovely blog. Banyak hal yang terekam dalam pita perjalananku selama rentang waktu tersebut. Liputan ke Jakarta, riset ke Lasem, Rembang, kejadian di kampus, sampai bayak hal kecil yang tak tertuliskan. Ada satu hal menarik yang membuatku terharu. Tepatnya di postinganku yang terakhir (baca: sebelum ini). Apa itu?