Muncul Iklan Misterius di Blog? Ini Solusinya!

Rabu, 12 Desember 2012
Share this history on :


Sehari yang lalu, setelah sekian lama akhirnya saya kembali membukan desain template dan tata letak blog saya. Hal ini saya lakukan untuk menambahkan fitur like box yang menghubungkan blog dengan page di fb. Semua berjalan mulus dan apa yang saya inginkan pun akhirnya muncul. Tapi oh ternyata, ketika loading selesai, dua buah iklan muncul di bagian header dan paling bawah blog. Saya pun sempat mengalami kegalauan.

Kegalauan saya beralasan. Pertama, blog dibuat bukan untuk mencari duit—dalam artian blog yang diperuntukkan untuk bisnis dan pemasangan iklan—atau istilahnya blog nonprofit. Kedua, ini membuat mata saya dan mata pembaca saya jelas tidak nyaman. Ketiga, pengunjung blog saya bisa menilai berbeda blog saya, berbanding terbalik dengan apa yang saya maksudkan.
informasi, saya pernah mengalami masalah serupa sekitar setahun yang lalu. Bahkan, masalah ini tak bisa saya pecahkan hampir setahun pula :D. Nah, waktu itu cara saya menghialangkan iklan misterius itu secara tak sengaja. Sebenarnya saya sudah pasrah dengan keberadaan iklan tersebut, hingga saya melihat ada tulisan kecil di iklan yang menyebut merek penyedia widget yang saya gunakan. Kemudian saya widget itu saya hapus. Tralala, iklan itu pun hilang.
Pelajaran dari kasus pertama ini adalah: hati-hati memasang fitur widget di blog. Jangan termakan kata ‘gratis’ yang ditawarkan. Lebih baik cek kredibilitas penyedia layanan tersebut sebelum menggunakan. Jika terlanjur kena iklan misterius, lakukan pengecekan sumber iklan tersebut muncul.
Kembali ke masalah yang baru-baru ini saya alami. Berkaca dari pengalaman pertama, saya langsung mengecek widget-widget yang terpasang di blog saya. Hasilnya tidak ada penambahan widget aneh. Untuk membuktikannya lagi, saya coba menghapus satu persatu widget (tentu setelah membackup htmlnya) yang terpasang. Hasilnya, iklan tetap muncul di blog saya. Saya mulai gusar.
Masalah ini akhirnya terpecahkan sehari setelahnya. Saya membaca sebuah artikel bahwa browser Google Chrome bisa memasukkan iklan tanpa ada pemberitahuan lewat settingsà EXTENTION. Nah, saya langsung membuka ekstensi Google Chrome saya dan ternyata oh ternyata di situ sudah terpasang. Kalau tidak salah (saking senangnya saya tidak sempat menghapal nama persisnya) namanya Pop-up Advertising. Segera saya hapus, dengan deg-degan saya cek. Ulala cetar membahana badai (wahaha efek Syahrini) semua iklan tadi lenyap tak meninggalkan jejak, hanya sedikit kesal di hati. :D
Konklusi: Jadi ini sebenarnya lebih ringan dari permasalahan yang yang pertama. Hal ini dikarenakan iklan yang muncul sebenarnya hanya di browser Chrome saya sendiri. Tapi ini cukup membuat tidak nyaman. Uye!


Oleh Qur’anul Hidayat Idris alias @Bang_Dayyy

Related Posts by Categories

5 komentar:

Royan Sableng Says:
Rabu, Desember 12, 2012

blogwalking gan..

a.i.r Says:
Rabu, Desember 12, 2012

saya tidak tahu, tapi di browser firefox milik saya tidak ada masalah tuh.. :)

Kampung Karya Says:
Kamis, Desember 13, 2012

Makasih ya!

Jely Gamat Luxor Says:
Selasa, Desember 18, 2012

pelajaran yang sangat berharga..

Cara Mengatasi Epilepsi Pada Anak Says:
Senin, Juni 03, 2013

Saya pernah tuh ngalamin yang kayak begitu dengan munculnya iklan yang gak jelas gitu membuat blog saya jadi lelet sulit untuk di akses..

Posting Komentar

Selesai baca, tinggalkan jejak ya!